Monday, August 6, 2012

15 Ramadhan

bismillah ...

Berbicara tentang Ramadhan, malam ini udah masuk 18 Ramadhan yah, telat mau ngomongin tanggal 15-nya. Ngga kerasa, ngga sih? Ramadhan udah mau abis aja. Tapi saya belum dapat maksimalnya tahun ini. InsyaAllah masih dapet beberapa hari.

Saya, Alhamdulillah lahir di bulan suci Ramadhan. Beberapa hari yang lalu saya pernah ngetwit tentang tanggal 15 Ramadhan, jujur, baru hari itu saya googling hari lahir saya di tahun Hijriah. Tahun Islam. Awalnya saya cuma tahu kalau saya lahir pada bulan Ramadhan pada tahun 1993 Masehi. Alhamdulillah, Mama nyantumin Ramadhan sebagai bagian dari nama saya :)

Tepatnya, 15 Ramadhan 1413 Hijriah. Karena, itu dua malam yang lalu umur saya udah 20 tahun Hijriah :) masih ngga kebayang udah masuk kepala 2. Resolusi belum ada, haha. Awalnya tahu kalo umur 20 tahun masih insyaAllah satu tahun lagi.

Dari Google saya dapat link ini. Tercantum disitu bahwa pada tanggal 15 Ramadhan 3 Hijriah, Imam Hasan Bin Ali cucu Rasulullah SAW lahir. Subhanallah. Menjadi salah seorang ummat yang ditakdirkan lahir di bulan suci, memberikan motivasi dan imajinasi terhadap kemuliaan Allah yang berlebih pada saya. Hamdalah, Alhamdulillah. Menelisik sejarah, sesungguhnya adalah hal yang menarik. Terutama jika dibungkus dengan kemasan yang mengundang konsumen, maksudnya ya enak dinikmati.

Namun, ngga bisa dipungkiri juga pelajaran sejarah itu membosankan, apalagi dulu guru saya hanya sekedar bercerita menggunakan OHP, dan kami hanya konsen pada catatan kami. Mungkin jika dulu saya diberikan kesempatan untuk berimajinasi lebih, sejarah akan menjadi menarik. Apakah guru sejarah sekarang mulai memanfaatkan teknologi? Maksud saya mungkin akan lebih memancing daya ingat pelajar jika diselingi dengan film-film dokumenter sejarah.

Karena sejarah menjadi tempat koreksi kita untuk memperbaiki masa depan. Dengan sejarah kita tidak perlu jatuh di lubang yang sama di masa depan. Mungkin, jika pelajar-pelajar, terutama Indonesia, lebih menghargai dan menikmati sejarah bangsa dan negaranya, korupsi tidak seramai sekarang ini.

Yak, ngomong jadi ngalor ngidul. Anyway, selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, teman-teman. Semoga dapat memaksimalkan kesempatan yang diberikan Allah untuk menunaikan ibadah. Jangan lupa sedekah! *ngaca* Semoga selalu diridhoi dan diberkahi Allah, terutama kamu~ aamin. :)

No comments:

Post a Comment