Thursday, July 28, 2011

Sedekah

bismillah ...

Wajar ngga sih kalau gua cerita sesuatu tentang ini? Tentang sedekah. Sedekah itu biasanya, kalau umat Islam, infaq Jumat (biasanya difasilitasi di sekolah-sekolah atau kampus), sumbangan pembangunan masjid, atau membantu anak yatim-piatu dan kaum dhuafa, dan mungkin masih banyak sedekah-sedekah yang lain yang insyaAllah diridhoi Allah, amin.

Berpikir tentang sedekah, gua salah satu yang sangat jarang melakukan hal yang termasuk akhlak mahmudah itu. Paling yang gua inget amal Jumat yang biasa ditarikin IRMAS pas SMA, sama amal Jumat juga yang ditarikin anak Rohis kelas di Kampus. Gua cuma merasa terlalu serakah, dengan sedikit beramal dan banyak meminta.

Gua tulus share aja nih ye, yang ngerti Allah deh. Ngga terlalu 'wah' sih, cuma, gara-gara hal yang akan gua share ini membuat gua berpikir terus mengenai serakah dan sedekah. Apakah gua terlalu serakah? Apakah gua udah cukup banyak bersedekah? Pikir ndiri May, derita lu dah.

Waktu liburan sempet terbesit di pikiran gua untuk mampir ke panti asuhan waktu baksos bareng anak aksel kelas gua. Tapi, gua adalah tipe yang too much thinking just make you do nothing. Akhirnya sampai sekarang pun gua ngga mampir-mampir.

Hari ini dan kemaren, gua seperti difasilitasi untuk bersedekah, karena jujur selama liburan gua kayaknya ngga sedekah, lumayan tuh sebulan. Hari ini, tiba-tiba aja ada anak perempuan kecil yang ngucap salam ke rumah gua, gua kira dia bakal minta-minta, tapi akhirnya emang minta-minta sih, cuma beda aja. Gua khusnuzon aja dah, dia minta uang buat beli buku. Gua interogasiin dikit tuh, dia ama siapa, buat beli buku apa, dimana beli bukunya. Soalnya kalo buku tulis mau gua beliin aja, atau kasih yang ada di rumah. Tapi ternyata, dia bilang buat beli buku sekolah di sekolah, dan dia kesini sama kakaknya yang lagi ngamen di komplek sebelah. Karena alhamdulillah gua emang ada duit, ya akhirnya gua kasih deh duit bukunya, ngga banyak sih, gua ampe janji jari kelingking ama dia kalo dia bener-bener pake duit itu buat beli buku, dan tanya namanya, tapi gua lupa -_-.

Kalo kemaren, pas di daerah sekitar kampus tuh. Gua lagi jemput temen gua, tapi gua ga tau dia dimana, jadi berenti di pinggir jalan dulu dan telpon serta sms beliau, halah. Sayangnya, pas gua lagi sendiri di motor gua dihampiri seorang ibu 'yang tidak bisa berlogika' dan terkenal suka maki-maki mahasiswa. Setiap makiannya sih sebenernya bermakna, cuma terlalu kasar aja. Nah dia lewat tuh dan kita terlalu deket, jadi gua sapa aja SKSD, salim segala macem. Dia nanyain gua udah lulus apa belum, kuliah apa ngga, dan cerita kalo dia abis dikasih bungkusan -yang keliatannya- makanan. Karena gua sebenernya takut juga tapi pura-pura ngga takut, gua ambil ancar-ancar pake helm dan bilang mau pulang karena udah malem. Tapi sebelum pulang, dia minta duit ke gua, bilangnya buat makan. Sekali lagi, karena di dompet gua ada duit, yaudah gua kasih lagi, dan dia bilang terima kasih sambil doain gua biar cepet lulus, amin.

Alhamdulillahnya, kalo mahasiswa lain dia maki dan lari ketakutan, gua malah ngobrol dan didoain yang baik.

Begitulah. Mungkin, Allah tau kalo gua lagi punya duit dan malah ngga zakat apa-apa, Astagfirullah. Tiba-tiba gua ngga tau mau ngomong apa, sepertinya pas udah cerita, cukup buat gua biar ngga galau, halah.

Ayo yang lain jangan lupa sedekah, jangan kayak gua, hehe.

No comments:

Post a Comment