Thursday, January 19, 2012

Art

bismillah...


captured by Dedem - BB Gemini's camera - edited by me as usual


Bicara tentang seni. Dari sisi pandang gue yang ngga pernah sekolah seni alias awam, tetep aja sebuah seni itu ngga bisa dinilai pake bilangan, dari bilangan nominal sampe rasio. Menurut gue, setiap orang punya jiwa seni-nya masing-masing.

Dulu gue inget banget dari jaman SD sampe SMA, -TK seinget gue dinilai pake jumlah bintang, sama aja ya?- hasil seni selalu dinilai dengan angka. Bagaimanapun, pasti ngasilin semacam diskriminasi. Entahlah, gue juga kurang ngerti gimana cara guru nilai hasil karya muridnya.

Iya, emang sih kalo sebuah kompetisi pasti ngasih syarat-syarat tertentu jadi hasil karya ngga cuma dinilai subjektif. Tapi kalo sekedar apresiasi?

Sebenernya yang mau gue tegasin adalah karya bocah SD yang cuma dipilih sekian dari sekian terus dapet hadiah. Alhasil tanpa batasan tertentu, gue disuruh milih karya mana yang berhak dapet bingkisan. Jleb banget, tau gitu gue bawa bingkisan sendiri. Ngga tega aja ngeliat bocah-bocah yang belum ngerti nerima kekalahan alias ngga dapet hadiah tiba-tiba murung. Disitu gue sempet nyeletuk, "seni itu kan ngga bisa dinilai benar-salah nya".

Balik lagi sih ya, setiap orang punya cara pandang masing-masing. Gimana caranya kita bisa bertoleransi sama masing-masing pendapat, dan cari jalan tengah. Yang pasti gue ngga nganut sekulerisme, guys. Maksudnya gue ngga nganut seni-seni yang kaitan sama nude dan antek-anteknya.

Untuk itu bagi kalian yang nilai seni-nya ngga pernah bagus, atau diprotes -bukan masukan atau kritikan- sana-sini. Ambil positifnya aja lah ya, apapun, yang jelas positif. Tetap maju dan berkarya.

ps. tiba-tiba keinget guru seni SMA gue yang selalu ngasi nilai sama rata. Prinsip macam ini kah yang beliau anut?

No comments:

Post a Comment