Wednesday, January 4, 2012

Tips

bismillah ...

Gue dan seantero mahasiswa IPB -dan Kampus lain yang mungkin barengan- lagi UAS, doain ya teman-teman, saling mendoakan, semoga kita bisa sama-sama sukses, aamiin. Dihajar malasnya *ngaca*.

Jujur, tadi sebelum mau nge-post ini gue agak berpikir negatif tentang sesuatu. Hubungan sama UAS sih. Tapi setelah gue klik tombol new post dan mikir kalo gue itu lagi di masa-masa UAS. Gue mikir lagi kalo pikiran negatif barusan itu ngga penting. Dan daripada pikiran negatif itu gue tuang disini, better gimana kalo gue memotivasi diri gue yang insyaAllah memotivasi yang baca juga, aamiin.

UAS itu bagi yang ngga punya skill SKS (sistem kebut sejam) kayak gue, mending tau diri dan ganti pola belajar. Minimal ngga ngikutin si kemauan Malas. Tapi jangan nyiksa diri juga dengan mati-matian belajar sampe lupa tidur, lupa makan, lupa hidup, lupa cintaku~ #eh.

Biasanya yang gue lakuin itu, kalo belajar mau UAS:

1. Prioritasin matkul tertentu beberapa minggu sebelum UAS.
Jadi menurut gue, penting banget kita tau nilai UTS dan nilai tugas-tugas kita (yang persentasenya gede). Jadi setelah tau nilai-nilai, kita minimal yakin kalo kita jago di matkul yang nilainya gede. Contoh, kalo gue jago di matkul PAI, karena nilai UTS paling gede (aamiin) ya gue bener-bener akan fokus sama PAI, minimal nilai akhirnya nanti bisa nge-cover nilai matkul yang anjlok (naudzubillah). Tapi bukan berarti si matkul yang nilainya ngga gede, ngga dipelajarin pas UAS.

2. Efektifkan waktu belajar
Rasanya ngga adil aja kalo gue lagi liburan tapi gue belajar. Makanya waktu 2 minggu tenang lalu, 10 hari gue bener-bener manjain diri gue dan ngga belajar. Sisanya se-efektif mungkin gue usahain untuk belajar. Komitmen peran penting banget.

3. Hajar si Malas
Males itu pasti dateng, biasanya kalo emang gue suntuk banget, ya mending gue tidur, atau ngelakuin sesuatu yang fun. Bukan malah maksa belajar tapi ngga ada yang masuk. Males juga dateng ke gue pas baca slide. Nah yang ini biasanya gue akalin dengan meringkas ulang apa yang gue baca dengan tulisan. Selain itu juga gue ngelakuin stuff-stuff unik kayak nempelin tulisan itu di dinding, worth atau ngga nya itu balik ke kita guys :). Bagi sebagian orang ngehajar males itu ngga gampang tapi ngga ada hasilnya kalo ngga dicoba, ayo semangat!

4. Belajar bareng
Biasanya suka mentok pas belajar matkul-matkul itung-itungan. Ini solusinya biar ngga gabut. Iya, biasanya kalo gue ngga bisa ngerjain soal itung-itungan macam Metode Statistika dan PDRP, akhirannya gue malah ngga ngapa-ngapain. Nah, daripada kayak gitu, mending cari seseorang yang mau ngajarin :) jadi sama-sama belajar deh.

5. Sayangi diri
Oke, yang tau kapasitas diri gue itu ya diri gue sendiri. Begitu juga kalian. Jangan sampe lah kalian ngedrop pas jam-jam penting musim UAS gini. Jangan lupa makan dan istirahat yang cukup ya temen-temen :D.

6. Doa, dan saling mendoakan
Yang ini paling penting, walaupun gue taro terakhir. Selagi berdoa dan meminta kepada Allah itu gratis dan juga ibadah, ayo doa sebanyak mungkin. Jangan lupa saling mendoakan, yang insyaAllah perbuatan baik itu akan menghasilkan yang baik juga, aamiin.

Oke, semangat Maya! Semangat temen-temen! Semoga sukses!



p.s Curcol
Sedih, kabel data di rumah jadi ngga bisa eksplor sesuatu :/

No comments:

Post a Comment