Wednesday, May 13, 2009

Hidup

bismillah ..
sebelum mulai, tulisan ini saya dedikasikan untuk siapa yang masih tidak bisa menghargai hidup dan tidak mengerti hidup. semoga dengan membaca tulisan asli saya ini, anda dapat sedikit lebih menghargai, kenapa anad ditakdiran untuk hidup di dunia.

bicara tentang hidup. sebenarnya, apa sih hidup? hidup itu bernafas? tidak. tidak hanya itu. hidup adalah menjalani kewajiban sebagai manusia (muslim untuk orang islam, dst), Allah, meniupkan ruh setelah kita keluar dari mulut rahim ibu. itulah pertama kali kita hidup sebagai manusia. ya, kita memang sudah hidup sedari dalam perut ibu, tapi belum sebagai manusia riil. hidup itu yang bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan fisik normal? tidak. orang stroke yang lumpuh dan sedang koma, tetapi jantungnya masih berdetak adalah hidup. orang yang tangan kakinya di amputasi, tetapi masih berdetak jantungnya adalah hidup.

Hidup adalah anugerah

Hidup adalah salah satu dari sekian anugerah terindah dari Yang Maha Kuasa. jika kita hidup, kita bisa merasakan menjalani aktifitas di dunia, melihat kehidupan di dunia dan menjalankannya. dengan hidup kita dapat merasakan cinta dan kasih sayang, dengan hidup kita dapat merasakan menjadi sukses, tersenyum dan bahagia. dengan hidup itu, kita dapat merasakan detak jantung yang berdegup kencang saat melihat seseorang yang kita sayangi. dengan hidup kita bisa belajar, belajar untuk menjadi baik dan tidak menyia-nyiakan hidup itu sendiri untuk hidup yang sebenarnya. dengan hidup, kita dapat merasakan indahnya persahabatan. untuk itu, kita harus menghargai hidup, mensyukurinya dengan menjalankan kewajiban kita sebagai hamba Sang Khalik. karena, hidup adalah anugerah. dan, kita beruntung karena tidak semua makhluk ciptaanNya dapat merasakan hidup di dunia setelah lahir.

Hidup adalah semangat

Mengapa hidup adalah semangat? tentu saja, karena banyak orang yang tidak memiliki semangat dan putus asa, lalu menghilangan nyawanya begitu saja tanpa terlebih dahulu menabung amal dan meraih kesuksesan yang membahagiakan. kita hidup, karena kita memiliki semangat untuk melihat hari esok dan berusaha menjadi lebih baik dari hari ini. bagaimana dengan contoh sebelumnya? orang sakit yang masih bertahan detak jantungnya, karena ia memiliki semangat untuk hidup, dan tidak ingin menyia-nyiakan hidup, karena merasa belum mendapat keberhasilan. begitu juga, dengan orang cacat yang dengan giat bekerja dan tidak ingin dikasihani. karena ia memiliki semangat untuk tetap maju dan masih ingin melanjutkan hidup selagi diberi kesempatan. karena itu, orang yang masih menjalani hidup, adalah orang yang masih memiliki semangat dan pantang menyerah.

Hidup adalah perjuangan

Begitu banyak Allah menyelipkan cobaan dan rintangan sepanjang hidup kita di dunia. namun, Allah tidak pernah memberikan cobaan di atas batas kemampuan umatnya. karena itu, jangan pernah berfikir untuk menyerah, karena disinilah esensi dari hidup, perjuangan. kembali lagi pada semangat, begitu juga perjuangan, butuh banyak semangat untuk berjuang membentengi hidup untuk tetap eksis. ketika seorang kaya menjadi miskin, ia harus berjuang kembali menjadi kaya untuk tetap hidup. ketika seorang sakit ingin menjadi sehat, ia harus berjuang mengobati sakitnya dan kembali hidup. ketika seorang jenius kalah olimpiade, ia harus berjuang untuk memenangkan olimpiade selanjutnya. ketika seorang pujangga ditolak cintanya, ia harus berjuang untuk mendapatkan cintanya dengan lebih baik. jadi, hidup adalah perjuangan bukan?

Hidup adalah proses

Tentu saja hidup membutuhkan proses. dari lahir hingga dewasa, berjuta-juta proses kita lalui. dan proses selalu membutuhkan waktu. tergantung sebaik apa kita memahami hidup, sebaik itu pula proses hidup kita. hidup sebagai orang yang cerdas? tidak seperti membalikkan telapak tangan. proses yang panjang tentu harus kita lalui dengan sabar dan niat yang tulus, insyaAllah pasti bisa. hidup sebagai orang yang berpendirian dewasa? prosesnya juga panjang, tergantung secepat apa kita mengerti dan ingin, semakin cepat pula prosesnya. hidup untuk mencintai? proses yang terberat, karena mempengaruhi hati dan perasaan. saat kita sedang bahagia, cinta terasa sangat hangat dan bersahabat, tapi saat kita sedang jenuh, cinta terasa dingin dan membosankan. proses mencintai sangat panjang bukan? tapi, saat kita menekuni proses itu dengan baik, hasil yang kita dapat akan sebanding dengan apa yang kita perjuangkan. kembali lagi bukan, pada semangat dan perjuangan?

Hidup adalah cinta

Dengan kekuatan cinta, kita dapat hidup. ingat ga pas episode terakhir sailormoon versus ratu galaksia? aah, pokoknya disitu sailormoon sudah kelelahan sampai nyaris mati melawan musuhnya, tapi karena ia teringat cinta dari kekasih dan sahabat-sahabat serta orangtuanya, ia dapat kembali bangkit dan mengalahkan musuhnya. begitu juga dengan cinta seorang ibu yang sudah tidak lagi kuat menahan rasa sakit,beliau mengorbankan nyawanya untuk buah hatinya yang ingin melihat dunia. atau seorang sakit parah yang kembali sehat karena dukungan cinta dari yang terkasih, sahabat dan orangtua. intinya, dengan cinta lah kita hidup. cinta dari Allah, orangtua, sahabat, yang dicintai, dan semuanya yang tidak bisa disebutkan.

jadi, hargailah hidup mu, agar kamu dapat merasakan hidup seperti yang sudah saya simpulkan. hargailah hidupmu, untuk dirimu dan orang-orang yang tidak bisa merasakan hidup di dunia. dengan begitu, kita dapat membantu mereka untuk melihat indahnya hidup dari kejauhan.

---------------------------------------------------------------

huuaaah, selesai juga menulis dengan serius. terima kritik, saran, dan tambahan yaaa : )

No comments:

Post a Comment